Senarai Penerbit
Categories
Maklumat Akaun

Dapatkan Sekarang

Aqidah Salaf Ahlus Sunnah wal-Jama'ah

Aqidah Salaf Ahlus Sunnah wal-Jama'ah
Terbitan: Pustaka Ibnu Katsir
Product Code: Pustaka Ibnu Katsir
Ukuran Buku: (Tinggi x Lebar x Tebal)(cm) 22.9 x 15.5 x 1.6

ISBN: 9789791002158
Availability: In Stock
Price: RM27.00
Qty:     - OR -   Add to Wish List
Add to Compare

Judul:  Aqidah Salaf Ahlus Sunnah wal-Jama’ah | Judul Asal (‘Arab): Al-Wajiz fii ‘Aqidatis Salaf Ash-Shalih Ahlis Sunnah wal Jama’ah | Penulis/Penyusun: Asy-Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdil Hamid Al-Atsari | Tahqiq/Takhrij: Sejumlah ulama besar, antaranya Asy-Syaikh ‘Abdullah Al-Jibrin, Asy-Syaikh Nashir bin ‘Abdil Karim Al-‘Aql, Asy-Syaikh Su’ud Asy-Syuraim, dll. | Penterjemah: Ahmad Syaikhu | Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir / Pustaka Al-Inabah | Berat: 440gram | Muka Surat: 305m/s. (Soft cover) | Ukuran buku: 22.9 cm (tinggi) x 15.5cm (lebar) x 1.6cm (tebal) | ISBN: 978-979-1002-15-8 |


Di masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, Islam adalah kelompok yang satu, demikianlah juga pada sebahagian besar zaman Khulafaur Rasyiddin. Namun setelah itu mula muncul pemahaman-pemahaman yang menyimpang dari ajaran Islam yang murni, dan setelah para sahabat wafat, benih-benih penyimpangan dalam akidah tersebut semakin membesar, sehingga muncullah kelompok-kelompok yang menyimpang jauh dari ajaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan melakukan bid’ah-bid’ah dalam agama, semisal kelompok Khawarij, Mu’tazilah, Syi’ah, dll..

Maka dalam rangka membezakan diri dari kelompok-kelompok tersebut, kaum muslimin yang masih berpegang-teguh pada kemurnian ajaran dan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menanamakan diri mereka dengan sebutan “Ahlus Sunnah wal Jama’ah.”

Dengan demikian Ahlus Sunnah merupakan satu-satunya kelompok yang mengikuti ajaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan para sahabatnya, sehingga menjadi satu-satunya kelompok yang wajib diikuti. Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjelaskan bahawa umat beliau akan terpecah menjadi 73 golongan dan hanya satu golongan yang selamat, sementara yang lain akan berada di Neraka, beliau menjelaskan bahawa golongan yang selamat tersebut adalah yang akidahnya bersesuaian dengan akidah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan para sahabatnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

“Dan sesiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin (yakni yang bukan jalan Nabi dan para sahabatnya), Kami biarkan dia hanyut terhadap kesesatan yang telah dikuasinya itu dan Kami masukkan dia ke dalam Jahanam, dan Jahanam itu seburuk-buruk tempat kembali.” (Surah An-Nisaa’, 4: 115)

Dari hadis ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

وَإِنَّ بَنِي إِسْرَائِيل تَفَرَّقَتْ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ مِلَّة، وَتَفْتَرِق أُمَّتِي عَلَى ثَلَاث وَسَبْعِينَ مِلَّة، كُلّهمْ فِي النَّار إِلَّا مِلَّة وَاحِدَة، قَالُوا: مَنْ هِيَ يَا رَسُول اللَّه ؟ قَالَ: مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي

“Sesungguhnya bani Israel telah berpecah-belah menjadi 72 golongan, dan umatku akan berpecah-belah menjadi 73 golongan. Mereka semua di Neraka kecuali satu golongan.”

Para sahabat bertanya, “Siapakah dia (yang selamat) wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Apa yang aku dan para sahabatku berada di atasnya.” (Sunan At-Tirmidzi, no. 2641)

Dalam riwayat yang lain:

وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ، وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ، وَهِيَ الْجَمَاعَةُ

“... 72 di neraka, dan yang 1 di dalam jannah, dan mereka itu adalah Al-Jama’ah.” (Sunan Abi Dawud, no. 4597)

Buku di hadapan kita ini adalah sebuah buku yang memaparkan prinsip-prinsip dasar Akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang harus kita ketahui. Walaupun ukuran dan lembaran halamannya tampak kecil, namun seluruh prinsip dasar Akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah dijelaskan secara manpan dan tuntas melalui buku ini.

Yang membuat buku ini lebih istimewa dan tampak besar faedahnya, adalah dukungan dari sejumlah ulama besar yang dapat kita lihat dan baca pada muqaddimahnya. Dan para ulama tersebut antaranya adalah Asy-Syaikh ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman Al-Jibrin, Asy-Syaikh Sa’ud Asy-Syuraim (Imam Masjid Al-Haram), Asy-Syaikh Shalih bin ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh dan Asy-Syaikh Muhammad Jamil Zainu rahimahullah.

Semoga kehadiran buku ini dapat membekali diri dan keluarga kita dengan asas-asas penting akidah yang benar, seraya membentengi diri dan keluarga kita dari pemahaman-pemahaman dan makar kelompok-kelompok yang sesat.

Semoga bermanfaat.

Write a review

Your Name:


Your Review: Note: HTML is not translated!

Rating: Bad           Good

Enter the code in the box below:



© 2014 ATSAR Enterprise | Galeri Ilmu Ahli Sunnah. All Rights Reserved.

Website tuned by fidodesign.net